HPN 2018, Pemprov Sumbar Gelar Lomba Pantun Spontan Antar Wartawan dan Siswa SLTA

Guna memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar lomba pantun spontan antar wartawan se Indonesia dan siswa SLTA se Sumbar.

Lomba pantun yang digagas Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar dengan hadiah total Rp50 juta tersebut diluncurlan oleh Gubernur Sumbar, H. Irwan Prayitno di Padang, Jumat (15/12-2017).

“Dengan lomba pantun ini diharapkan bisa menghidupkan kembali budaya berpantun di tengah masyarakat, terutama masyarakat Melayu,” sebut Gubernur Irwan Prayitno. “Dan, ini juga salah satu bentuk Pemprov Sumbar memfasilitasi PWI memperingati HPN 2018 di Sumbar,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Taufik Efendi menjelaskan, lomba pantun ini terbuka bagi wartawam se Indonesia dan siswa SLTA se Sumbar. “Seleksi awal kita mulai tanggal 15 Desember 2017 sampai 15 Januari 2018,” jelasnya.

Ditambahkannya, setiap peserta diminta mengirim 10 buah pantun karya sendiri ke email dinas_kebudayaan@sumbarprov.go.id . “Temanya tentang dunia pers dan atau HPN 2018,” ujarnya.

“Pantunnya harus karya sendiri dan mengikuti kaedah-kaedah berpantun, yaitu 4 baris, dimama 2 baris sampiran dan 2 baris lagi isinya,” papar Taufik Efendi.

Lebih lanjut dijelaskannya, peserta dari wartawan dan siswa akan diseleksi masing-masing dipilih 17 orang finalis. “Peserta yang lolos seleksi awal akan diundang untuk unjuk kebolehkan pada tanggal 22 Januari 2018 di Pantai Muaro Lasak, Padang,” jelasnya.

Taufik Efendi menambahkan, finalnya digelar pada tanggal 5 Februari 2017, juga di Pantai Muaro Lasak, Padang. “Finalis dari wartawan tidak disediakan biaya transportasi, tapi bagi siswa disediakan Rp100 ribu per peserta,” ujarnya.

“Lebih jelas, silahkan lihat pengumumannya di disbud.sumbarprov.go.id ,” tegasnya.

Lomba pantun spontan ini dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari unsur Pers, Akademisi dan Birokrasi, serta juri kehormatan Gubernur Irwan Prayitno yang baru-baru ini mendapat rekor MURI dalam berpantun. Dan, akan dipilih juara 1, 2 dan 3, serta harapan 1, 2 dan 3.

Peluncuran lomba pantun spontan ini dihadiri oleh Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus, Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumbar, Basril Basyar, Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman, dan Dewan Juri, Khairul Jasmi, Mak Katik dan Silvia Rosa.

Bagikan:

Berita Terkini

Komentar