Luhut: Dalam Waktu Dekat, Maluku Jadi Lumbung Ikan Nasional

HPN – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan selamat merayakan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 bagi insan pers se Indonesia. Luhut berujar, perayaan HPN menjadi momentum bagi pers dan pemerintah untuk bertukar pikiran agar tetap selalu bisa menjaga persatuan bangsa.


“Media jadi bagian pemerintah untuk menjaga Indonesia untuk tetap kompak,” kata Luhur di Baileo Siwalima Kota Ambon usai menjadi pembicara di Konvensi Nasional Media Massa, Rabu, (8/2).


Luhut mengajak pers untuk tidak terbawa informasi hoax yang kini mewabah di public. Pers menurutnya harus bisa mendidik masyarakat agar tidak terbelenggu informasi hoax yang dapat membawa perpecahan serta mengancam kesatuan bangsa.


Khusus untuk tuan rumah HPN 2017 yaitu Provinsi Maluku, Luhut menjamin dalam waktu dekat Maluku akan meraih gelar sebagai Lumbung Ikan Nasional. Ia sendiri selama di Ambon telah berkeliling bersama Menteri Perhubungan, Pelindo dan Pertamina melihat beberapa titik infrastruktur penunjang industri perikanan di Ambon salah satunya pelabuhan. 


Ia nengakui masih ada beberapa inefesiensi di pelabuhan di Maluku. Namun hal itu bisa dapat segera diperbaiki dan diatasi.
“Kita hitung beberapa belas triliun kita hemat kalau itu kita terapkan (efesiensi). Itu bisa selesai di level menteri, Presiden tinggal terima laporan. Akhir tahun ini saya kira harus bisa (jadi Lumbung Ikan Nasional),” tegas Luhut.


Hadiah dan anugerah lainnya bagi Provinsi Maluku adalah Blok Masela. Luhut membeberkan progress pengelolaan Kilang Gas Abadi Blok Masela semakin menunjukkan kemajuan. Pihak Inpex telah menyampakan apresiasi kepada pemerintah Indonesia karena pembicaraan mengenai Blok Masela sangat terbuka, transparan dan professional.


“Kita akan bikin keputusan final mengenai angkanya minggu depan. Pembahasan sudah hampir selesai, tinggal membahas beberapa hal detil. Blok Masela merupakan anugerah besar bagi Maluku,” tutup Luhut.


Panitia HPN 2017

 

Bagikan:

Berita Terkini

Komentar