Panglima TNI: Peran Pers sangat Strategis Bagi Bangsa

Masa depan bangsa Indonesia berada di tangan pers. Karena pers yang selalu memberikan dan mencari tahu informasi sehingga pers mengetahui akan dibawa kemana bangsa ini. Bahkan pers sebenarnya setiap hari selalu \"berperang\", dalam artian selalu mencari berita tentang kondisi terkini, mencari informasi, mendidik masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat mengunjungi KRI Makassar dalam kegiatan Sail of Journalist yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional 2016.

\"Kemajuan anak bangsa berada di tangan wartawan,\" kata Gatot, Jumat, (5/2).

Peran pers yang sangat strategis ini dikatakan Jenderal bintang 4 ini bisa juga menjauhkan bangsa Indonesia dari ancaman-ancaman konflik akibat perkembangan global saat ini yang kerap terjadi.

Pers menurutnya bisa memberitakan dengan cepat jika menemukan ancaman, sehingga dapat ditindaklanjuti oleh TNI agar urung terjadi konflik yang parah.

Dalam kesempatan bertemu dengan wartawan di Sail Of Journalist, Gatot \"curhat\" kepada wartawan tentang kekhawatirannya akan perkembangan global saat ini.

\"Jadi saya datang kesini dalam rangka mencurahkan isi pemikiran saya, saya yakin wartawan lah yang paling memahami persoalan ini (perkembangan global),\" ujarnya.

Panglima TNI berbicara di depan seluruh peserta Sail of Journalist di KRI Makassar dalam diskusi kemaritiman dengan tema \"Membedah Posisi Indonesia dalam Persaingan Maritim Dunia\". Wartawan senior, Arswendo Atmowiloto menjadi moderator dalam sesi diskusi pertama ini.

Pembicara lain dalam sesi ini adalah Wakil Ketua DPE RI Farouk Muhammad yang mengatakah bahwa tantangan pemerintah yang paling berat sebagai negara maritim adalah mensejahterahkan nelayan.

Ia berharap pemerintah membuat program-program yang bisa mensejahterahkan nelayan agar Indonesia bisa sukses disebut sebagai negara maritim.

\"Saya tahu pemerintah sudah punya program-program untuk meningkatkan kesejahterahaan nelayan, namun itu harus dioptimalkan implementasinya,\" kata senator asal NTB ini.

Panitia HPN 20
Bagikan:

Berita Terkini

Komentar